Sabtu, 26 April 2014

Tentang Ariel NOAH

Tenang, itu kata pertama yang bisa gue katakan kepada sosok bernama lengkap Nazril Irham alias Ariel NOAH (dulu Ariel Peterpan). Kenapa gue bilang “tenang” karena tatapan dan gaya bicaranya itu selalu buat orang yang melihatnya tenang –terutama gue- :D. Alasan lainnya adalah suara khasnya. Tidak dipuingkiri lagi kalo Ariel punya suara khas yang sekali denger pasti udah bisa ditebak kalo itu Ariel (tanpa kita lihat wajahnya). Suara khas itu juga yang membuat gue penasaran dengan band yang namanya Peterpan (sebelum bermetamorfosa menjadi NOAH).
                Awal cerita saat gue masih duduk di bangku kelas 6 SD (masih kecilkan? :D). Waktu itu gue iseng dengerin radio (lupa channel apa), terus tiba-tiba radio itu memutar lagu “mimpi yang sempurna” dengan suara aa Ariel yang luar dari biasa itu, gue penasaran dengan lagunya. Dan gue pikir  Ariel itu penyanyi solo (padahal dari bandung ya? :D). Dan dari radio itu gue langsung cabut ke warnet buat browsing dengan kata kunci “Peterpan” tapi yang keluar malah tokoh kartun itu. Tapi gue gak menyerah. Setelah beberapa waktu, gue dapat juga Peterpan band yang punya vokalis dengan suara yang enak banget didenger. Lalu, karena penasaran,gue buka gambar vokalis peterpan band itu. Dan kata pertama yang keluar dari mulut gue waktu itu adalah “wiihhhh,manis bener. Lucu. Imut” (karena menurut gue di VC Mimpi yang sempurna wajah ganteng Ariel masih terlihat imut dan lugu J ). Dan mulai dari situ gue suka dengan Peterpan, tepatnya sama Ariel.
                Kemudian karena suka dengan vokalisnya, maka penasaran gue berlanjut tentang Peterpan ini. gue mulai cari lagu yang lain. Tapi cukup sulit waktu itu. Karena waktu itu lagu mimpi yang sempurna masuk ke album “kisah 2002 malam”. Dan dalam album itu, lagu Peterpan Cuma Mimpi Yang Sempurna. Tapi gue gak putus asa. Tak berapa lama gue dapat juga album Peterpan yang pertama yaitu “Taman Langit”. Dan lagu andalanku adalah “Semua tentang kita”. kenapa? Yahh, tau sendiri kan lagunya kaya apa kerennya J. Liriknya bisa bawa hati gue terbang –lebay ya?-. tapi emang kaya gitu sih waktu pertama denger lagunya. Dan rasa penasaran ini gak berhenti disitu saja. Mulailah gue cari biodata para personil Peterpan (tapi karena ini “tentang Ariel” jadi personil lainnya gak gue bahas disini. Mungkin nanti J).
                Setelah beberapa kali gue berkunjung ke rumah eyang google, dan beberapa kali juga gue denger curhatan infotament, akhirnya gue dapet beberapa info tentang personil Peterpan. Terlebih aa Ariel. Ternyata memang mempesona sih bang Boriel (sapaan akrab aa Ariel). Gue aja terpesona :D. Dan ternyata gak Cuma gue, tapi artis cantik pun banyak yang ngiler kalo lihat kang Boriel ini (sebenarnya gue mau panggil Ariel dengan sapaan aa,abang,atau akang sih :D). Yaa, artis cantik,model berbakat,serta pemain film “cinta silver” pun juga gak luput klepek-klepek dengan pesona pria lahiran Pangkalan Brandan, Langkat, Sumatra Utara 16 September 1981 ini. siapa lagi kalo bukan kak LunMay alias Luna Maya Sugeng. Kisah cinta dua sejoli ini udah bukan menjadi rahasia lagi. Pasalnya hubungan asmara dua hati yang menyatu ini - :D – banyak liku dan kontroversinya.
                Dara manis kelahiran Denpasar, Bali ini kenal dengan Ariel pada tahun 2004. Kenalannya juga terbilang konyol. Yaitu saat teman kak Luna (gak tau nama temannya kak Luna, soalnya kak Luna belum ngenalin ke gue) lagi telfon-telfonan sama bang Boriel (nah lhoo, siapa itu kok telfon2an sama bang Boriel? Entahlah..). terus tuh telfon dikasih ke kak Luna, yaaudah jadinya kak Luna kenal sama bang Boriel deh sampe sekarang J. Bahkan kak Luna waktu itu gak tau dia lagi telfon2an sama siapa. Pasalnya kak Luna ini belum tau kalo ada band namanya Peterpan. Tapi setelah album ke 2 Peterpan yang bertajuk “Bintang Di Surga” keluar barulah kak Luna tau. Itupun dengan komentar yang lucu juga. Kak Luna sempet komentar “nama band kok Peterpan”, terus waktu lihat VC Ada Apa Denganmu kak Luna juga komen “ih aneh banget”. Ehh, taunya malah jadian sama yang aneh-aneh.hehehe.
                Setelah kejadian telfon2an by telfonnya teman, mereka tukeran nomor. Tapi setelah tukeran nomor malah jarang telfon, malah katanya Cuma smsan aja (cieee, anak muda banget tuh.hehe). terus kedekatan mereka berlanjutkan. Sampai pada waktu tahun baru 2005, kak Luna naik kereta pergi ke Bandung (tapi gak ke Surabaya yaa, cukup berhenti di Bandung saja J) untuk merayakan tahun baru di rumah kang Andika (eks keyboardis sekaligus pendiri Peterpan). Dan itu juga pertama kalinya kak Luna dikenalin sama anak-anak Peterpan. Dua muda-mudi itu semakin dekat, semakin sering jalan dan ketemuan. Tapi anehnya saat ditanya jadian, kak Luna malah jawab “ga ada kata2 jadian,tapi kita sudah dekat banget.kita juga ga punya tanggal jadian” (anehh yaaa, :D). Dan lebih aneh lagi adalah mereka berdua putus pada 2005. Karena bang Boriel harus menikah dengan Neng Sarah Amelia (mantan istri bang Boriel) –ga pernah jadian tapi pernah putus :D –
                Saat itulah mereka tidak lagi berhubungan. tapi selama pernikahan bang Boriel dengan Neng Sarah itu berjalan, nama kak Luna tetap dikait-kaitkan dengan abang gue satu ini. bahkan ada berita kalo abang gue ini kepergok neng Sarah lagi berduaan sama kak Luna (nahh lhooo). Tapi keduanya membantah, dan Neng Sarah juga ga kasih komen mempertegas namun juga tidak membantah (ah, entahlah :D). Yang jelas kata abang gue rumah tangganya aman-aman saja, konflik-konfilk dikit wajarlah J. Tapi yang namanya artis yaa, apalagi sedang naik daun, pasti ada aja berita yang gak enak. Dan abang gue ini udah jadi langgan kalo masalah digosipin ga enak gitu. Ada gosip katanya bang Boriel dan Neng Sarah pisah ranjang setelah ahad nikah (yaa, jelaslah pisah ranjang. Orang abang gue harus tur, trus Neng Sarah tinggal di rumah. Gak mungkinlah bang Boriel ajak Neng Sarah tur,orang enengnya juga lagi hamil kan. Kasian dede’nya kan).
                Dan sekarang gue mau cerita awal ketemunya bang Boriel dengan neng Sarah (plotnya ga aturan yaa?gapapa yaa.. dilarang protes :D). Jadi gini ceritanya, menurut Ayu Bharata (sepupu neng Sarah sekaligus pacar Indra –eks bassist Peterpan- waktu itu), bang Boriel ketemu dengan cewek lahiran Semarang 16 Desember 1979 ini pada tanggal 17 Agustus 2003, saat itu Peterpan tampil di acara ulang tahun SMA 3. Waktu itu Ayu yang mengenalkan neng Sarah sama abang gue di Hotel Srikandi. Setelah kenalan mereka (Ayu,Indra,neng Sarah,abang gue, sama satu temannya Ayu –ga tau namanya-) jalan bareng ke Simpanglima. Paginya Peterpan dan juga neng Sarah bertolak dari Semarang, Peterpan kembali ke kampung halaman, sedangkan eneng ke Jakarta.
Setelah itu,Ayu ga tau kelanjutan antara bang Boriel sama eneng. Tapi selang sebulan Ayu dapat sms dari eneng katanya udah jadian sama bang Boriel. Nah saat pacaran itu eneng sering menjumpai bang Boriel di sela-sela kesibukan tur Peterpan. Tempat yang sering mereka gunakan untuk bertemu adalah Musica Studios di kawasan Pancoran dan mes Musica Studios di daerah Tomang. Selebihnya mereka hanya berhubungan melalui telepon.
                Masalah kehamilan neng Sarah, Ayu menuturkan akhir oktober neng Sarah memberitahukan kehamilannya kepada keluarga besarnya. Awalnya Ayu ga percaya dengan berita kehamilan neng Sarah dengan bang Boriel, karena ekspresi eneng waktu itu biasa-biasa saja. Awalnya keluarga besar neng Sarah ingin menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan, namun karena waktu itu bang Boriel sibuk dengan Peterpannya, maka keluarga neng Sarah mengira bahwa bang Boriel menghindar dari tanggungjawab.. sehingga sepupu neng Sarah yang tak lain adalah artis Winky Wiryawan dan Arsya membeberan kepada media mengenai kehamilan sepupunya itu dengan bang Boriel. Lalu akhir November bang Boriel menemui keluarga neng Sarah di Jakarta. Dan bang Boriel mengakui bahwa bayi yang dikandung neng Sarah adalah buah hatinya, dan berjanji akan menikahi neng Sarah pada awal Desember. Namun karena kesibukan yang tak terelakkan, maka pernikahan awal Desember itu tertunda hingga akhir Januari, tepatnya 30 Januari 2005.
                Dan dari pernikahan itu, selang beberapa bulan lahirlah bayi mungil,berjenis kelamin perempuan pada tanggal 5 juni 2005. Tepat pada pukul 04.40 WIB bayi cantik dengan panjang 50cm dan berat 3,2kg itu untuk pertama kalinya menangis di dunia ini. bang Boriel mengikuti seluruh proses kelahiran anaknya itu. Dari masuk ruang Tulip A 209 RS Limijati,Bandung, sehari sebelumnya hingga usai persalinan. Bahkan bang Boriel sendiri yang mengumandangkan ikamah di telinga sang dede’ bayi sesaat setelah keluar dari rahim mamanya. Dan ada cerita menarik yang dialami bang Boriel,yaitu saat terlelap setelah kelelahan menerima tamu seharian penuh, sayup-sayup bang Boriel itu mendengar suara tangisan bayi, dengan spontan abang bangun “hah,suara apa itu?kayak suara bayi deh” kata bang Boriel dalam hati. Saat sadar bayi mungilnya yang ia beri nama Allea Anata Irham itu menangis, dengan cekatan bang Boriel loncat dari tidurnya dan menghampiri Allea. Dan ternyata di ruangan itu hanya ada dia dan bidadari kecilnya itu. Sedangkan neng Sarah sedang terapi setelah melahirkan di ruangan lain. Bang Boriel pun panik dan tidak tau musti melakukan apa. :D
Namun mengikuti naluri kebapakannya (jiahh, naluri kebapaknya gue kata :D), bang Boriel langsung menggendong Allea,dan seketika diamlah anak kecil yang sekarang sudah beranjak gede itu. Dan karena bang Boriel takut kalo Allea nangis lagi, dia langsung telfon suster. Mengetahui kejadian itu, neng Sarah malah mau membiarkan bang Boriel lebih lama lagi berdua bersama sang bidadari kecilnya. Tapi tetep ga tega juga neng Sarahnya. :D
Terlepas dari kepopuleran bang Boriel dengan Peterpan lewat penjualan album kedua yaitu Bintang Di Surga, kehadiran Allea di dunia memberi rasa yang berbeda baginya.
                Raut kebahagian tak henti-hentinya terpancar dari kedua orangtua baru ini. begitu juga yang dirasakan oleh kedua orangtua bang Boriel dan neng Sarah, yang mana mereka adalah nenek dari Allea. Dan Allea adalah cucu pertama bagi kedua orangtua bang Boriel dan neng Sarah.
                Dua tahun setengah mengarungi biduk rumahtangga bersama, yang juga tak terlepas dengan kabar-kabar tak sedap. Akhirnya rumah tangga bang Boriel dengan neng Sarah kandas. Mirisnya adalah kandasnya rumah tangga ini, dikabarkan karena adanya pihak ketiga. Entah pihak dari bang Boriel atau dari neng Sarah. Pasalnya selama berumah tangga, nama kak Luna terus disangkut pautkan dengan bang Boriel. Dan mengejutkan lagi, saat neng Sarah kepergok jalan bersama Sony-drummer shanou band- dengan mengajak serta Allea anak dari buah cintanya bersama bang Boriel di bandara. Dan yang paling menyedihkan adalah perceraian ini menjadi suatu keputusan yang harus diambil disaat Allea, buah cinta mereka berdua sudah beranjak besar. Ini pastinya akan menjadi suatu kenyataan yang menyakitkan bagi anak sekecil Allea. Namun terlepas dari itu, keputusan inilah yang terbaik buat bang Boriel dan neng Sarah (tapi perlu di ingat bahwa apa yang terbaik buat bang Boriel dan neng Sarah, belum tentu baik buat Allea. Tapi inilah keputusan yang harus Allea terima). bang Boriel dan neng Sarah resmi bercerai pada tanggal 27 Mei 2008. Perceraian ini juga berjalan singkat, tidak bertele-tele ga kaya kasus perceraian artis lainnya yang musti nunggu beberapa bulan bahkan tahun buat sidang perceraian karena rebutan hartalah, rebutan anaklah. Masalah hak asuh Allea, bang Boriel menyerahkan pada neng Sarah, karena emang dede’ Allea masih kecil waktu itu, dan ga mungkin juga kan bang Boriel bawa dede’ Allea pas konser kalo hak asuhnya bang Boriel yang pegang. Tapi walau begitu neng Sarah tetap mengijinkan buat bang Boriel kalo mau ketemu atau ngajak jalan-jalan dede’ Allea. J
                Setelah bercerai dengan neng Sarah, bang Boriel terjun lagi kepelukan kak Luna. Mereka mulai dekat lagi pada pertengahan 2008. Kak Luna bilang kalo dia berusaha menjadi teman bang Boriel disaat sulit itu,yaitu saat dimana bang Boriel bercerai dengan neng Sarah dan Peterpan harus pincang karena keluarnya –sorry, tepatnya dikeluarkannya- bang Dika dan bang Indra yang sekarang sudah eksis dengan band barunya The Titans. Saat itulah mereka mulai bertukar perasaan yang dulu sempat tertunda karena “kecelakaan” itu. Saat ditanya, kak Luna mengaku masih cinta dengan bang Boriel itu sebabnya gak butuh waktu lama buat nerima bang Boriel menjadi pengisi hati dan harinya. Sedangkan neng Sarah, yang memang pada awal percerainnya dengan bang Boriel dikabarkan menjalin hubungan dengan Sony personil Shanou, kini telah menikah dan bahagia. Mereka menikah pada tahun 2009 –kalo ga salah sih :D -. Dan kalo ga salah juga sekarang udah punya dede’ bayi lagi. Cuma karena waktu nikah dan kehamilannya gue ga tau dan ga dikasih tau juga, untuk berita ini gue ga tanggungjawab :D –ntar deh gue tanyain sama neng Sarah sama Sony-.
                Lanjut nih ceritanya, kisah cinta bang Boriel dan kak Luna semakin mesra. Bahkan mereka juga sudah berani go public. Namun, pada pertengahan 2010 lalu, kisah cinta ini tersandung masalah. Yaitu adalah saat dimana beredarnya VM –Video Mesum- mirip bang Boriel dan kak Luna serta bang Boriel dengan Cut Tari. Ini juga yang membuat tertundanya nama pengganti Peterpan –NOAH- dan album baru dari bang Boriel,Uki,Lukman,dan Reza. Gue gak akan bahas masalah video itu, karena itu bukan urusan gue. Lagippula terlepas video itu benar atau tidaknya Cuma bang Boriel yang tau J. Tapi yang menarik dari kasus video ini adalah kemesraan bang Boriel dengan kak Luna. Mereka bahkan ga canggung lagi kangen-kangenan dibalik jeruji besi dengan disaksikan para wartawan yang dengan setianya meliput dua sejoli ini. sampai ada cerita lucu yang dialami kak Luna,yaitu dimana kak Luna kena semprot dari petugas Lapas gara-gara kasih roti ke bang Boriel –yaaelah, segitunya ya pak petugas, kan Cuma kasih roti doang-. Tapi yang namannya aturan ya tetap aturan. Lagian kak Luna gimana juga sih, kok ga ijin dulu kalo mau kasih roti ke bang Boriel atau memang kak Luna ga tau ya? Yaa udahlah, yang penting mereka tetap bersatu ajalah. J
Banyak hal yang terekam saat di Bareskrim dan Rutan Kebon Waru, dimana bang Boriel dibui. Banyak sahabat yang mengunjungi bang Boriel mulai dari artis sampai para Sahabat Peterpan. Bahkan bang Andika & bang Indra –eks Peterpan- pun ikut bersimpati. Tidak hanya dari teman-teman disekitar bang Boriel, para penghuni Rutan yang notabene baru kenal sama bang Boriel pun ikut bersimpati.bahkan ada yang tidak terima dengan keputusan hakim yang memvonis bang Boriel bersalah. Menurutnya –penghuni lapas, gue ga tau namanya- bang Boriel itu bukan penjahat, jadi kenapa harus dipenjara, kenapa bukan para kuruptor itu saja yang dipenjara. Menurut gue sih bener juga ya, kenapa kuruptor itu dibebasin nyuri uang rakyat? Mereka kan merugikan rakyat, terus kalo videonya bang Boriel apa? Merugikannya dimana coba? Kalo dikatakan merugikan moral anak-anak yang menontonnya, yaa salah orangtuanya dong kenapa diijinin anaknya nonton dan tau hal-hal kaya gitu. dan gue rasa para haters bang Boriel itu lebay, katanya bang Boriel bukan contoh anak muda yang baik,terus menurut L mereka itu apa?udah kasih contoh yang baik emangnya? Gue rasa tidak, gimana kasih contoh yang baik kalo aib orang aja diumbar seenaknya, ngedemo itu gue anggap buka aib orang, kalo emang ga suka ya udah, ga usah lebay kaya’ gitu pake acara demo,mencekal segala. Tapi terlepas dari itu semua bang Boriel adalah idola. Buktinya mulai dari awal kasus sampai bang Boriel bebas bersyarat pada tanggal 23 Juli 2012 yang lalu,para Sahabat tidak meninggalkannya. Meski banyak yang mencela,namun nyatanya ia tetap jadi idola. Tetap dielu-elukan oleh penggemarnya. Tetap dinanti kedatangannya. Memang bang Boriel is the best lah. Gak salah juga kan kang Uki,kang Lukman,kang Reza,kang David nunggu bang Boriel. J
                Dan perjalanan bang Boriel ga Cuma sampai disitu, apalagi setelah bebas bersyarat pada tanggal 23 juli 2012 lalu, banyak cerita yang menarik bersama NOAH dan tentunya bersama kak Luna. Kita chekitout aja yaa :

Bersama NOAH : setelah tertunda cukup lama, akhirnya bang Boriel bersama kang Uki,kang Lukman,kang Reza,dan kang David menggebrak dengan nama baru yang udah dari beberapa tahun yang lalu tersimpan rapat. Dan akhirnya nama NOAH lah yang terpilih untuk menjadi identitas baru mereka. Sekarang bukan Ariel’Peterpan’ lagi tapi Ariel NOAH. Agak kikuk sih awalnya,tapi ntar juga terbiasa. J. Banyak hal yang telah abang lakukan bersama NOAH, mulai dari mengeluarkan buku “kisah lainnya” yang berisi curhatan para personil NOAH selama vakum. Oh, iya, selama bang Boriel dibui,abang bersama kang Uki,Kang Lukman,kang Reza,dan kang David gak mau tinggal diam, mereka pun mengeluarkan album instrumental berisikan lagu-lagu lama Peterpan yang digarap dengan konsep instrumental –tanpa lirik-. Tapi lagu ‘Cobalah Mengerti’ dibawakan bersama Momo’Geisha’, ini juga yang menyebabkan beredarnya gosip kalo bang Boriel putus sama kak Luna, dan pacaran sama Momo. Padahal kenyataannya Momo waktu itu lagi deket sama kang David J. Dan di album ini juga ada lagu ciptaan bang Boriel yang diperuntukkan untuk Dara cantiknya pastinya, siapa lagi kalo bukan Dara Luna Maya J. Yaa, lagu itu berjudul ‘Dara’. Lagu ini terinspirasi dari kak Luna, yang waktu itu benar-benar merasa lelah dengan kasusnya itu. Namun abang coba menenangkan dan menghibur kak Luna, meski bang Boriel sendiri juga merasakan hal yang sama dengan apa yang kak Luna rasakan. Bahkan mungkin lebih berat beban bang Boriel. Tapi yaa namanya aja Ariel NOAH,bukan Ariel kalo tidak bisa menyembunyikan perasaannya sekalipun didepan kak Luna. Salut buat abang gue satu ini J.
                Ehh, kita kan lagi bahas bang Boriel bersama NOAH kok malah nyeleweng bareng kak Luna segala sih. J. Nahh, setelah mengeluarkan buku, NOAH segera menelurkan album perdananya yang bertajuk “Seperti Seharusnya”. Tak tanggung-tanggung gebrakan yang abang cs bikin. Yaitu dengan mengadakan konser 5 Negara 2 Benua dalam 24 jam. Dan kesemua konser di 5 Negara itu pun sangat berhasil. Banyak sahabat Peterpan –NOAH—yang membanjiri area konser. Itu menunjukkan kalo abang cs masih diterima dan dinanti oleh masyarakat umum. Yang akhirnya membuat pada haters abang gue gigit jari :p. Emang enak mambenci orang yang tak selayaknya dibenci. Tapi semua itu kembali pada diri orang masing-masing sih. Sokk atuh kalo masih mau membenci abang Boriel benci aja, toh itu gak membuat bang Boriel berhenti berkarya :p. Dan ini juga alas an gue suka banget sama bang Bor. Bagi gue bang Bor itu adalah idola yang sukses. Kenapa? Karena meski terjerat kasus yang cukup vatal, tapi para sahabat tetap mendukung dan menerimanya kembali J. Sukses buat bang Bor dan NOAH J

Bersama Luna : apa ya yang musti gue certain dibagian ini? Tetang bang Bor dan Luna udah terungkap didepan tadi :D. tapi yang jelas bang Bor dan Luna tetap dekat meski banyak kabar yang memngatakan mereka putus. Bahkan pasca bebas bersyaratnya bang Bor 23 Juli 2012 lalu, kedekatan bang Bor dan Luna kembali tercium media. Pasalnya bang Bor mendirikan sebuah brand sepatu dibawah naungan hardware. Dimana bang Bor menggandeng Luna untuk menjadi partner bisnisnya. Alasan bang Bor menggandeng Luna adalah karena Luna sudah terlebih dahulu masuk dalam dunia bisnis. Jadi menurut bang Bor, Luna lebih mengerti dunia bisnisyang akan digelutinya. Dan mereka berada dibawah naungan hardware. Dan sama-sama mengusung bisnis fashion, bedanya kalo bang Bor hanya terfokus pada sepatu saja. Brand Luna diberi nama LMforHardware sedangkan brand bang Bor diberi nama ARLbyHardware. Dan berawal dari bisnis inilah, kedekatan mereka yang sempat dikabarkan putus mulai terungkap kembali. Namun sampai saat ini belum tau kejelasannya. Apakah mereka balikan atau tidak.

                Awal tahun 2013 lalu, saat NOAH manggung di Bali, beredar foto yang mirip dengan Bang Bor dan Luna sedang makan di sebuah restaurant di Bali. Saat dikonfirmasi seperti biasa dua anak manusia ini hanya diam dan tidak menjelaskan kebenaran foto tersebut. Bersamaan dengan itu, banyak gossip yang mengatakan bahwa bang Bor terlibat cinta lokasi bersama model video clip NOAH “jika engkau” yaitu Tara Basro. Sama halnya dengan gossip-gosip yang lalu, bang Bor pun tidak berkata-kata. Dan itulah bang Bor pasca kasusnya lalu, dia menjadi sosok yang benar-benar tertutup akan kisah cintanya. Hanya dia dan Tuhan yang tau J. Sukses deh bang I LOVE YOU BORIEL :*
NB : masalah abor bersama tante sophia, ntar-ntaran yee soalnya gue belum dapet info yang akurat,tajam,dan terpercaya :D
ini ariel bersama mamahnya :)
ariel
allea ananta irham
ariel-sarah 
5 juni 2005 allea lahir
ariel-luna
ariel-luna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar